Ulasan Lengkap
Penjadwalan pelayanan PSPB disusun setiap awal bulan oleh Puskesmas Sabutung. Pelaksanaan PSPB mulai dari minggu kedua hingga minggu terakhir setiap bulannya dengan beberapa pertimbangan, yaitu:
Tim Penyusun - 2022-03-16 02:40:00
Untuk mengantisipasi kebutuhan pelayanan kesehatan terkait dengan hasil surveilens dan data-data keluhan penyakit yang didapatkan pelayanan puskesmas pembantu pada bulan sebelumnya. Hasil data tersebut dilaporkan ke puskesmas pada awal bulan agar petugas puskesmas dapat membuat perencanaan layanan yang dibutuhkan dari pelayanan PSPB.
Tim Penyusun - 2022-03-16 02:40:00
Dalam 2 minggu pertama setiap bulannya, Puskesmas melakukan pelayanan kesehatan yang terfokus pada layanan di dalam gedung Puskesmas.
Tim Penyusun - 2022-03-16 02:40:00
Laporan cuaca dari BMKG kepada puskesmas secara berkala menjadi acuan untuk memastikan jadwal kunjungan.
Tim Penyusun - 2022-03-16 02:40:00
Di dalam diskusi jadwal pelayanan tersebut diputuskan beberapa hal, yaitu tanggal pelayanan, waktu/jam pelayanan, desa dan pulau yang akan dilayani, tenaga kesehatan yang bertanggung jawab melayani PSPB per masing-masing desa serta merencanakan pelayanan kuratif, promotif, dan preventif, dan evaluasi program, layanan PSPB yang sudah berjalan dengan baik, kurang berjalan dengan baik, dan program yang mencapai target untuk meningkatkan kualitas pelayanan PSPB.
Tim Penyusun - 2022-03-16 02:40:00
Memastikan obat program dan obat pendukung lainnya serta alat kesehatan yang dibutuhkan tersedia dan mencukupi. Hal ini dengan mempertimbangkan tren perkiraan jumlah pasien dengan penyakitnya.
Tim Penyusun - 2022-03-16 02:40:00
Menyiapkan perlengkapan keselamatan kerja staf puskesmas yang melayani PSPB, seperti: jaket pelampung dan ban pelampung.
Tim Penyusun - 2022-03-16 02:40:00